Analisa Teknikal

Analisa Teknikal

Pendahuluan Analisa Teknikal.

Menurut sejarahnya, analisa teknikal berkembang seperti berikut. Ketika komputer belum ada, dan metode analisis matematika sangat rumit sehingga tidak ada yang mencoba menggunakannya untuk menganalisis dinamika harga, trading, plot chart dengan straight line secara manual, hanya menggunakan sliding rule. Kemudian ditemukanlah pattern reguler dari line dan chart. Maka, muncullah trend line, models, dan figures.
Kemudian menjadi suatu keharusan untuk meninggalkan trend line, model dan secara manual trader memulai perhitungan harga rata-rata, yang berhasil digunakan untuk analisa Market Bursa Efek, dan kemudian, sebagai analisa derivatif bagi Market Forex. Dengan komputer, kalkulasi dan menggunakan metode oscilator dan indikator menjadi memungkinkan.

Prinsip-prinsip umum analisa teknikal.

  • Rate mencakup semuanya

Artinya segala faktor dapat mempengaruhi harga - Ekonomi, Politik atau Psikologis - telah diperhitungkan oleh Market dan termasuk dalam harga. Oleh sebab itu, apa yang diperlukan untuk forecast atau perkiraan adalah analisa dari chart harga.

  • Harga bergerak terarah

Anggapan ini adalah dasar dari tren analisis dan merupakan tulang punggung dari keseluruhan analisa teknikal.

Terdapat tiga jenis tren dibedakan menurut analisa teknikal::

    • 'bull tren' - pergerakan harga yang naik ke atas (diambil dari analogi banteng, yang menusuk ke atas dengan tanduk);
    • 'bear tren' - pergerakan harga yang turun (diambil dari analogi beruang, yang bergerak turun dengan cakar);
    • 'Mendatar' atau 'range' atau 'trendless' - pergerakan harga yang tidak naik maupun turun, tetapi tetap dalam interval tertentu.

Menurut aturannya, harga tidak bergerak secara lurus atau ke menurun ke bawah. Namun, pada bull tren pergerakan harga bergerak semakin tinggi dan cepat, daripada turunnya. Sedangkan pada bear tren berlaku sebaliknya.

prinsip-prinsip dasar pergerakan harga dapat diterapkan untuk tren:

    • Tren aktif akan berkelanjutan dengan tingkat kemungkinan lebih tinggi, daripada mengubah arah;
    • Tren akan bergerak dalam satu arah hingga semakin lemah.
  • Sejarah terulang dengan sendirinya

Pernyataan ini didasarkan pada keutuhan pengaruh hukum fisika, ekonomi dan psikologi pada periode sejarah yang berbeda. Oleh sebab itu, aturan, yang efektif pada masa lalu, juga efektif pada masa sekarang dan di masa depan. Pernyataan ini memungkinkan kita untuk menganalisa masa sekarang dan memperkirakan masa depan.

Jenis-jenis Chart.

  • Line Chart

Line chart ini mewakili harga penutupan (harga terakhir untuk jangka waktu tertentu), terhubung dengan line atau garis yang berkesinambungan.

Misalkan untuk jangka waktu tertentunya adalah 1 menit, chart ditandai dengan M1; untuk 5 Menit - M5; 1jam - H1; 1 hari - D1; 1 Minggu - W1. Jika semua harga terwakili pada chart seperti ini maka disebut 'tick'.

Chart yang paling umum adalah D1, H1 dan M5.

Technical analysis

  • Bar Chart

Bar Chart mewakili harga maksimum dari jangka waktu tertentu (titik teratas bar), harga minimum (titik terendah dari bar), harga pembukaan (garis sebelah kiri dari bar vertikal) dan harga penutupan (baris ke kanan dari bar vertikal). Chart ini dianjurkan untuk waktu interval 5 menit dan banyak lagi.

Technical analysis / bar

  •  Candle sticks (Japanese Candle Sticks)

Candle stick diplot dengan menyerupai bar. Bedanya, jika harga penutupan lebih tinggi dari harga penutupan, "badan" stick berwarna putih, sedangkan jika lebih rendah maka berwarna hitam. 'Shadow" dari stick menampilkan maksimal dan minimal harga untuk jangka waktu pelaporannya. Oleh karena itu, candle putih artinya harga bergerak naik selama jangka waktu tersebut, dan candle hitam menunjukkan bahwa harga telah turun.

Menurut percontohan di atas, jenis chart ini adalah yang paling umum pada analisa teknikal. Saat ini, sangat banyak literatur, yang menggambarkan perkiraan perubahan harga atas dasar candle stick ini.

Technical analysis / Japanese Candle Sticks

Tren sebagai instrumen utama dari analisa teknikal.

Tren adalah kecenderungan arah perubahan harga, terbatas pada interval waktu.

 Berikut ini ada tiga jenis utama tren:

  • primer;
  • intermediate;
  • short-term;

Tren primer biasanya berlangsung dari 1 sampai 2 tahun dan merupakan cerminan penilaian investor dari proses internal ekonomi yang mendasari siklus bisnis. Menurut data statistik, siklus bisnis dari satu tempat ke yang lainnya berlangsung kurang lebih 3-6 tahun; artinya bahwa naik dan turunnya tren berlangsung dari 1-2 tahun. Harga tidak bergerak dalam garis lurus, dan gerakan ke arah utama terpotong oleh sejumlah gerakan yang sebaliknya - disebut reaksi. Tren seperti ini, yang berada pada fase bertentangan dengan tren utama, disebut dengan perubahan harga intermediate (intermediate term ). Hal tersebut berlangsung dari 3 minggu hingga 6 minggu atau lebih. Sedangkan tren short-term, berlangsung dari 1 minggu hingga 3-4 minggu, memotong pergerakan ke arah tren intermediate dengan cara yang sama, sebagai yang paling akhir memotong ke arah tren utama. Biasanya ini disebut reaksi atas suatau peristiwa kecelakaan, dan lebih sulit untuk menampilkannya daripada tren primer dan tren intermediate.

Teknologi komputer saat ini memungkinkan pelacakan terhadap perubahan harga pada market mingguan, harian, per jam dengan seksama dan instan. Untuk analisa interval pendek (kurang dari satu jam) metode analisa teknikal juga dapat digunakan. Namun, dapat dikatakan bahwa reverse moment atau peristiwa keterbalikan pada chart tersebut memiliki efek jangka pendek dan tidak banyak mempengaruhi kecenderungan pada long term. Disamping itu, trading dalam interval ultra short memperlihatkan reaksi psikologis dan instan pada taraf yang lebih besar. Semua ini mengarah pada ketidakstabilan yang lebih tinggi dari chart harga untuk jangka waktu lebih pendek, dibandingkan dengan chart pada jangka waktu yang lebih lama.Untuk analisa teknikal, yang paling diminati adalah chart harian (D1), per jam (H1) dan lima menit (M5).

Support dan Resistance.

Garis support dan resistance merupakan fundamental dari analisa teknik klasik dari Market Bursa efek. Semua tren line atau garis, model dan figures adalah kombinasi dari line atau garis support dan resistance.

Garis support terhubung oleh maksimal signikan dari market. Hal ini terlihat, ketika pembeli tidak mampu atau tidak ingin membeli dengan harga lebih tinggi. Secara bersamaan dengan masing-masing gerakan naiknya harga, resistance penjualan meningkat, dan penjualan semakin naik, yang menygakibatkan penurunan harga. Tren berhenti seakan-akan menahan ceiling yang tak terlihat, dan berjuang melawan bull dan bear tren dimulai disini. Tergantung pada siapa yang paling kuat, tren ini terus berlanjut naik ke atas (level resistance break atau pecah atau rusak) atau memutar kembali.

Dapat dikatakan, bahwa lebih baik untuk menarik garis support/resistance pada chart tertentu melalui zona konsentrasi harga, tetapi tidak melalui peaks maksimal. Pengelompokan harga secara besar-besaran menunjukkan perilaku determinatif dari sejumlah Trader, dan puncaknya hanya mencerminkan tindakan panik dari pelaku Market yang paling lemah. Juga, level value diingat oleh Trader, dan bila beberapa peristiwa terjadi ketika level tertentu mendekat, berikutnya, ketika level yang sama mendekat ada kemungkinan besar Trader akan membuat tindakan atau aksi yang sama pada arah, dimana harga bergerak di waktu sebelumnya.

Technical analysis / Support and resistance

Channel - instrumen analisa teknikal.

Channel adalah sebuah koridor, dimana chart harga bergerak, dibatasi oleh garis support bawah dan garis resistance atas. Semakin lama harga bergerak di dalam channel, kemungkinannya semakin tinggi harga akan menerobos atau berlalu begitu saja. Ada tiga jenis channel:

  • bull - ascending channel;
  • bear - descending channel;
  • flat or range (trendless);

Channel akan broken atau rusak atau pecah, ketika harga menerobos support atau resistance. Resistance yang memecah bull channel adalah sinyal yang bagus untuk buy atau membeli, dan sebaliknya untuk bear channel. Dalam kasus lateral channel, sinyalnya lebih lemah. ketika support pada bull channel dan resistance pada bear channel broken atau rusak atau pecah, anda akan menerima sinyal lemah untuk sell/buy atau jual/beli (lebih akurat untuk menerima konfirmasi dari indikator lainnya). Selain itu, dalam situasi seperti ini memungkinkan untuk bermain di dalam channel, amati dua aturan berikut:

  • Semakin lama harga bergerak di dalam channel, kemungkinannya semakin tinggi bahwa harga akan menerobos atau bergerak begitu saja.;
  • lebih baik untuk bermain atau bertransaksi pada arah tren utama;

Technical analysis / channels

Anlisa komputerComputer analysis.

Terdapat banyak instrumen yang disebut pada analisa komputer. Analisa komputer adalah analisa chart dengan penerapan metode analisa matematik. Materi ini dibahas secara rinci pada situs kami, pada seksi "Indikator dan Oscilator". Pada bagian tersebut, sebagai contoh, kita akan melakukan analisa harga chart dengan moving average.

Moving Average menunjukkan value harga rata-rata untuk jangka waktu tertentu. Moving Average ditempatkan pada chart sebagai garis kontinyu, membentuk support dan resistance.

  • Moving Average dibedakan menjadi 3 jenis:
    • Simple Moving Average - MA;
    • Weighted Moving Average - WMA;
    • Exponentially Moving Average - EMA;
  • Aturan dasar dibuatnya analisa komputer:
    • Semakin lama jangka waktu, yang mana dibangun Moving Average, semakin rendah order dari MA yang sebaiknya dipilih;
    • Semakin lama MA, semakin rendah pula sensitifitasnya; MA dari order yang sangat kecil sering kali menghasilkan sinyal palsu; MA dengan order yang sangat besar selalu terlambat;
    • Dalam kasus tren lateral, MA dengan order lebih tinggi yang sebaiknya digunakan.
  • Aturan umum analisa:
    • Untuk menemukan cross point dari MA dan chart harga dan untuk melacak arah averaging;;
    • ketika MA dilintasi oleh harga dari bawah ke atas (pada market naik), sinyal sederhana untuk membeli akan anda terima;
    • ketika MA melintas dari atas ke bawah (pada market turun), ini sinyal untuk sell atau menjual;

Technical analysis / Moving Average

Level Fibonacci.

Leonardo fibonacci, seorang matematikawan besar, yang hidup di abad XI. Beliau menemukan rangkaian angka, lalu dinamai dengan namanya. Setiap rangkaian angka adalah jumlah dari dua angka sebelumnya: +1=2; 1+2=3; 2+3=5, dan seterusnya. Hasilnya, urutannya sbb: 1,2,3,5,8,13,21,34,55,89,144, dan seterusnya. Angka Fibonacci memiliki ciri tertentu.:

  • Pembagian jumlah sebelumnya dari rangkaian angka dengan jumlah berikutnya sama dengan 0.618 (disebut rangkaian angka golden section di Yunani kuno dan budaya mesir kuno);division of the preceding number of the sequence by the subsequent number tends to 0.618 (number of the golden section in Ancient Greek and Ancient Egyptian cultures);
  • pembagian rangkaian angka berikutnya dengan jumlah sebelumnya sama dengan 1,618;
  • pembagian angka dengan jumlah kedua dari sebelumnya sama dengan 2,618.

Bilangan Fibonacci digunakan untuk analisa berbagai macam proses dalam fisika, astronomi dan disiplin ilmu lainnya. Pada teknikal analisa, bilangan 0,618 atau 61.8%; sama halnya dengan 50% dan 38,2% sangat sering digunakan.

Atas dasar koefisien ini, garis Fibonacci, level fibonacci dan periode atau jangka waktu Fibonacci dibangun.

Garis Fibonacci dibangun sesuai dengan maksimal/minimal signifikan dan mewakili garis support atau resistance, yang mana sesuai dengan dibuatnya transaksi pembelian atau penjualan.

Technical analysis

Ringkasan analisa teknikal.

Analisa teknikal merupakan disiplin ilmu terapan yang serius, dan merupakan metode yang mengijinkan analisa tidak hanya dari perubahan harga pada Market finansial (contohnya, teknikal analisa dari Market Bursa efek atau Market Forex), tapi juga proses nonlinear lainnya. Artikel ini hanya meliputi dasar-dasar teknikal analisa saja, masih diperlukan pembelajaran chart secara mandiri dari instrumen keuangan.

*  Artikel ini disiapkan dan ditulis oleh spesialis departemen analitik dari Perusahaan Larson&Holz IT Ltd:  Analisa Teknikal
Hak cipta dilindungi.
 Metode baru penambahan dana dan withdrawal ditambahkan baru-baru ini. 
07.04.2017
 Trader yang bekerja dengan kontrak CFD pada saham dari perusahaan terbesar dunia  dapat mengecek tabel pembayaran deviden terkini.
07.04.2017